Senin, 06 Agustus 2012

"KITA" Di Kota Soerabaia

Akhir Desember 2007, Lulus SMA LAngsung hijrah ke Sidoarjo, Ketrima kerja di PT.Multi Prawn Indonesia (MPI) Gaji Lumayan Cukup,trus kerja nya juga normalah, dapat temen yang cocok dihati puLa meskipun usianya gak seumur ma aku, kira" seumur Momy akuLah.Tapi beLiau mempunyai sosok jiwa yang Henie Bgt.  Rutinitas tiap hari kerja makan n tidur...gajian tiap hari sabtu langsung buat puLang ke Kediri ketemu ama pacar"J". Waktu itu ke Surabaya-Kediri naik Bus kota beLum berani bawa motor sendiri, tapi tiap Nyampe Kediri udah disambut n di Jemput ama "J", Kita Langsung muter" kota Kediri seneng" pokok'nya. Dan Hari Minggunya aku buat acara ama temen" SMA (diki,dian,siska,endah,dll) aku.Tiap mudik Ke Kediri rutinitas aku kayak gitu dech pokoknya, Dan Gak bosen banget kaLo udah ada di antara mereka.Gak ada kata Capek'Lah kalo udah ada Diantara Mereka.
April 2008 "J" mulai ikutan Hijrah juga ke Surabaya,tinggaL ama sodara'nya di Kedurus. Aku juga jadi jarang mudik, "Je" udah ada disurabaya trus diki(Temen SMA) juga Lagi di Jakarta. Ya udah aku ama "
Je" tiap hari minggu seLaLu ketemuan n' Muter" gk JeLas di Kota Surabaya. Nyaman bgt deh kalO mAEN AMA "Je" soalnya anaknya tuch GokiL bgt ,care,santai,baik. sebelumnya dia Juga jadi temen baik aku di bangku SMP juga sich, jadi aku bener" uda mengenaL siapa dia jg. Indah bgt dah n selaLu tersenyum kalo ingat ama dia. tapi kadang dia juga Posesif juga sich, itu yang kurang aku suka dari "Je". kata orang posesif tu tanda sayang, tp kaLau keLewatan kan bikin boring juga ....
Juli 2008 BestFriend aku waktu SMA ampe sekarang sich "Diki" Ngikut Hijrah Lagi ama kita, Tapi Kali ne diki miLih tinggaL ama aku, di Sidoarjo, Dan Kerja di tempat yang sama puLa. Tambah seru Neh di tempat kerja ada diki, Kegokilan kita di tempat kerja juga makin tersalurkan dengan adanya temen aku yang seumuran ama My'Mom tapi gak kalah gokil jg ama kita. Kita biasa panggiL beLiau Bu'IA', rumahnya di Krian tiap hari berangkat kerja ama Putri TunggaLnya. Tiap hari kita sharing sambiL becanda juga di tempat kerja. Tiap hari Bu'IA' seLaLu sharing tentang anak angkatnya yang Cowok InisiaL "U".
Aku mulai Ngekost ama diki tiap hari kita bagi tugas bersih" ama masak. Makin Betah juga sich kita kerja disana tiap gajian kita shoping ke RoYaL MaLL Surabaya, muter" kesana kemari gak jeLas, kita juga sering maen ke tempat kerjanya endah di daerah Waru. Kita be'tiga juga sering maen bareng .MuLai saat itu juga aku udah terbiasa dengan kehidupan Kota Surabaya. Jarang Mudik Kediri juga.
Agustus 2008 "Je" BaLik Pulang ke Kediri, gak tau kenapa dia pulang.... "Je" di kediri Lumayan Lama juga. Akunya juga Keasyikan tinggaL di Surabaya ama diki n endah. Sampek aku Jarang bgt pulang ke Kediri untuk ketemu ama "Je". Belum lagi di tempat kerja juga lagi asyik" nya ama Bu'IA' yang seLaLu membanggakan Si anak Angkatnya itu "U", Yang sempet bikin aku n diki penasaran jg, seperti apa sich??????
Berawal dari Bu'IA'  yg Minta toLong ke aku buat teLpunin Si "U" ehh IringNya Lucu jg nich Orang, Dan diki Ngotot bgt mau minta kode tuch iring. ya udah sore'nya aku sms aja tuch orang, GiLa ..BLZ nya sombong bgt...dijanjikan besok pagi baru dikirim kode iringnya. Paginya diki nyuruh aku bwt nagih janji ke "U"..udah aku sms lg trus dikirim...dan SMS berLanjut ampe kita ketemuan waktu itu di CITO. dan 2 Minggu Kemudian Dia Nembak aku Trus Kita Jadian. Waktu itu juga aku masih ada hubungan ama "Je",Sorry "Je" KaLo aku uda berpaLing n' Mencoba cinta yang Lain. SoaLnya waktu itu "Je" makin posesif bgt ama aku, maklum mungkin efek dari 'LDR'. Aku juga makin jarang sms. n teLpunan ama "Je", Dia pun juga jarang sms aku kaLo gak aku sms duLuan, aku kira dia juga Lupa ama aku, Dan aku semakin asyik n dekat aja ama "U" di kota Surabaya, Kita hampir setiap hari Buka Puasa bareng, ama diki juga. Be'tiga maLam" Nongkrong sambiL makan Mie Ayam di bawah Jembatan tol Sidoarjo, Sering bgt kesitu. Ato abisin waktu nongkrong be'tiga di kost'an kita.
Oktober 2009 Pertama kita dapat THR trus Langsung cabut shoping giLa"an tetep ke satu tujuan "Royal Plasa" pasti'na n' besoknya langsung mudik Meluncur Kota Kediri.............................
Lebaran di kota tercinta, banyak pLaning buat ngumpuL" ama temen" disana. Padat bgt pokok'nya !!! Ada Nisa Temen SMA aku juga yang mo' Merid n dia rayain uLtahnya ama kita di rumah diki. seru" an disana,Ada Jack Modas juga disitu, trus kita muter" kota kediri n nongkrong rame". Libur Lebaran kita selaLu ada planing rame" sampai aku gak sempat ketemu ama "Je". Tapi pas the Last HoLiday di kediri aku sempatin buat maen kerumah "Je", dan dia tetep seperti "Je" yg duLu, tetep GokiL,tetep ada senyum ama aku tetep care ama aku juga,DaLam hati makin merasa b'dosa aja ama nich anak. Tapi aku harus memiLih saLah satu dari kaLian...aku gak mau putusin "J" aku nunggu biar "J" yg putusin aku,dan Di hari itu di MaLam itu juga "J" Putusin aku, soaLnya sebeLum  itu kita sempat btengkar gara" ada sms dari temen aku "Jack Modas yg sms nya minta maaf karna tadi siang kita gk jadi maen ama diki juga sich pLaningnya, tp "Je" ngira'nya Jack modas itu pacar baru aku yg seLama ne ngebuat aku jauh ama "Je". Ya udah maLam itu Kita resmi PUTUS !!! Aku langsung PuLang tidur dan besoknya langsung ke Surabaya ama diki...Dari Surabaya aku Lanjutin kisah aku ama "U" yang seLaLu ada buat aku, dan aku pun makin yakin aja ngejaLaninya. di tangah perjaLanan "U" cerita ke aku kaLo ternyata dia uda dijodohkan ama Putri tunggaL dari Bu'IA", dan kita tetep yakin akan bersama seLamanya, yakin pasti bisa ngeLewati semuanya atas nama Cinta. MuLai Hari itu juga aku Backstret'in hubungan aku dari Bu'IA' Temen goKiL aku di Kerjaan. Akupun perLahan semakin menjauh dari Bu'IA'. Gak tau yang aku pikirkan waktu itu hanya ingin memperjuangkan Hak Kehidupan "U" yang seLama ini di monopoLi ama Bu'IA' yg seLaLu memaksa anaknya merried ama "U" yang juga gk mengharapkannya.TernYata cinta akan terkaLahkan juga ama Takdir dari Sang pencipta. Dan aku mau gak mau harus menerima kenyataan juga sich meskipun sangat" menyakitkan. Sempat terlintas juga di fikiran ....KaLo mungkin dia memang bukan buat aku, Mungkin Dia juga bukan yang terbaik buat aku, Dan pastinya  ada HikmahNya di balik semua ne. Aku percaya ama itu semua. Lagian  Juga ada Sahabat aku "Diki" yang selalu ada di samping aku yang selalu menegarkan dan selalu memotivasi aku agar aku bisa berdiri dan berjalan seperti semula lagi dikaLa saat aku beLum mengenal "U" . Awalnya sangat sulit untuk menjalani kenyataan ini, Karena baru kali ini seumur hidup aku , aku merasakanya.

Sabtu, 04 Agustus 2012

Kamu telah mengisi lubuk hatiku
Jauh dalam relungku
Pernahkah kau merasakannya

Cinta kini hanya engkau yang bisa
Buat ku merasa bahagia
Apa kau pun merasakannya
Dan memeluknya

Ku menangis tertahan
Ingat kau tak lagi bersamaku
Ku teriris terdiam
Berharap kebahagiaan datang

Sayang..
Mungkinkah kau akan menunggu
Ku menjemput cinta
Yang pernah ada di hatimu

Jumat, 03 Agustus 2012

Soerabaya' 2008 '

Pertama kali aku tergugah,dalam setiap kata yang kau ucap.Bila malam tlah datang, Terkadang ingin ku tulis semua perasaan.
Kata orang rindu itu indah, Namun bagiku ini menyiksa ,Sejenak ku fikirkan untuk ku benci saja dirimu ,Namun sulit ku membenci.
Pejamkan mata bila kuingin bernafas lega ,Dalam anganku aku berada disatu persimpangan jalan yang sulit kupilih.
Ku peluk semua indah hidupku ,Hikmah yang ku rasa sangat tulus ,Ada dan tiada cinta bagiku tak mengapa
Namun ada yang hilang separuh Diriku.

Suara Hati Kita Untuk Kamu

Teringat akan masa LaLu yang kita Lewati, terasa indah sejuk meresap didaLam sanubari. WaLau Luka sempat singgah, Kita hadapi bersama Bahagia s'LaLu dihatiku.
Kini hiLangLah sudah kisah tinggaLah kenangan.
Ingatkah kamu saat kita bersedih...
Ingatkah kamu saat kita bahagia...
Dan sekarang bagai maLam tanpa bintang, hatiku sepi tanpamu. Kuingin engkau ada disini. Tapi semua tak terjadi , kini engkau teLah pergi untuk seLamanya meninggaLkan kami disini. Seandainya saja ku bisa katakan " Jangan Kau TinggaLkan " saat ini ku ragu bisakah kunikmati semua ini tanpamu seLamanya.
Beri sedikit waktu agar aku terbiasa bernafas tanpa sosok Sahabat seperti Kamu.RIP.JaY

Mengenang'Moe

Tak'akan Pernah habis air mataku, bila kuingat tentang diriMoe. Adakah Disana kau rindu padaku, meski kita kini kita ada di dunia berbeda.Bila masih mungkin waktu kuputar, kan ku tunggu diriMoe.
BiarLah kusimpan sampai nanti aku kan ada disana . "TenangLah diriMoe daLam Kedamaian". IngatLah KawanKoe...Kau tak terLihat Lagi , Namun CintamOe abadi. RIP.Jay

Kau Yang T'Lah Pergi

Kau yang t'Lah Pergi , Saat-saat terakhirku teringat denganmu yang terbayang kini. DaLam genggaman tanganmu daLam dekapan tubuhmu, Kurasakan saat-saat bersamamu. Hanya tangis diri, tak tertahankan tetes air mata yang jatuh saat engkau pergi. DaLam isak tangisku, DaLam desak nafasku, Bersamamu tinggaL sebuah kenangan.
Kau t'Lah pergi tinggaLkan maaf yang tak terucap, dan takk'kan KembaLi. Tersimpan kini janjiku di hati.
Kau yang t'Lah pergi, saat-saat yang terindah kurasakan takkan pernah ada Lagi. Hanya tatapan matamu,hanya senyuman manismu di wajahmu yang tak'akan terLupakan. RIP.JAy

From Us To You "Je"

Would you know my name
If I saw you in heaven
Will it be the same
If I saw you in heaven
I must be strong, and carry on
Cause I know I don't belong
Here in heaven

Would you hold my hand
If I saw you in heaven
Would you help me stand
If I saw you in heaven
I'll find my way, through night and day
Cause I know I just can't stay
Here in heaven

RIP.Jay

"Berita Duka"

Innalilahi Wa'innalilahi ro'jiun
        Tanggal 29 Juli 2012 Tepatnya Jam 21.30 WIB telah pulang ke Rahmatulloh Teman Kami Tercinta RM.Jayeng Tri Asmoro atau biasa kita panggil Je atau Jay. Tepat di Hari Anniversary 1st Pernikahanya Beliau meninggaLkan kita semua yang sangat mencintaiNya. Dua hari SebeLum Hari Ulang Tahunnya yang ke 23 Tahun.Sempat dirawat di RSUD Gambiran Kediri 3 Hari, Je kena Pembengka'an Paru-paru dan sistem saraf yang rusak juga membuat kondisi je semakin memburuk.Je Dimakamkan pada tanggal 30 Juli 2012 pukul 10.00 WIB di pemakaman umum Mojoroto Kediri Jatim. SeLamat Jalan Menuju Surga Kawan ........... Doa kami selalu Menyertaimu setiap saat setiap waktu.RIP.JAY

Doa kami untuk Jayeng Tri Asmoro 
 Ya Allah, ampunilah dia, kasihilah dia, maafkanlah dia, muliakanlah tempatnya, luaskanlah tempat masuknya, mandikanlah dia dengan air, salju dan embun. Sucikanlah dia dari segala kesalahan sebagaimana pakaian disucikan dari najis. Gantikan untuknya rumah yang lebih baik dari rumahnya, gantikan untuknya keluarga yang lebih baik dari keluarganya, gantikan untuknya isteri (pasangan) yang lebih baik dari pasangannya. Masukkanlah ke dalam surga dan lindungilah dia dari azab kubur dan azab neraka.Amien

Sabtu, 11 Februari 2012

Tingkat Kebrengsekan Pengguna Jalan di Jakarta

Kenapa Mereka Brengsek

Pejalan Kaki
Di Jakarta, pejalan kaki adalah entitas paling rendah di kalangan pengguna jalan dan seringkali menjadi korban dari pengguna jalan yang lain. Namun terkadang, mereka juga bisa brengsek. Misalkan: menyebrang gak di zebra cross/jembatan penyebrangan trus gak pake lihat kiri-kanan lagi. Ini bisa bikin kendaraan ngerem mendadak trus jadi kecelakaan beruntun. Jalanan jadi macet sementara si pejalan kaki udah melenggang kangkung.
Sepeda
Sepeda juga pada umumnya gak brengsek. Tapi terkadang mereka suka mengganggu pejalan kaki karena mereka naik sepeda di trotoar dan terkadang suka bikin macet, karena mereka jalan di jalur cepat, padahal udah jelas kecepatan mereka gak akan secepat mobil. Cara paling bener ya emang harusnya ada jalur khusus sepeda sih.
Mobil
Mobil adalah korban kemacetan yang paling parah, namun terkadang mereka menjadi korban ini karena kebrengsekan mereka sendiri. Mobil-mobil yang tidak sabar seringkali melanggar peraturan seperti menerobos lampu merah, pindah-pindah jalur, atau bahkan melawan arus yang seringkali justru bukannya bikin mereka makin cepet, tapi justru malah bikin mereka dan orang lain jadi semakin kena macet.
Angkot Sejenis Mikrolet
Mereka sungguh brengsek. Sepertinya kuping mereka sudah di-mute dan tingkat kepedulian mereka sudah di-set jadi 0. Jangan pernah ada di belakang mereka ketika berkendara, karena mereka akan berhenti di manapun mereka mau dan mereka tidak akan peduli dengan suara klakson kamu yang membahana itu. Mungkin ada di antara kamu yang mikir kenapa angkot jenis mikrolet ini dibedakan dengan kelas Metro Mini? Nanti. Sabar.
Sepeda Motor
Sebenernya, pengguna motor banyak yang gak brengsek dan mengikuti aturan normal. Sayangnya, sekarang ini punya motor sungguh mudah dan semua orang bisa punya motor, termasuk orang-orang goblok yang sebenernya gak siap naik motor. Kenapa kita bilang gak siap? Karena mereka sama sekali gak peduli dengan aturan jalan dan norma yang berlaku. Sehingga biarpun ada pengendara sepeda motor yang gak brengsek, sepertinya jumlahnya sudah kalah dengan yang brengsek. Pengendara sepeda motor yang banyak ini bisa membuat hal yang salah menjadi benar, seperti misalnya ramai-ramai menggunakan jalur berlawanan, sehingga orang yang berada di jalur yang benar sampai tidak bisa jalan lagi. Jika sudah begini, seolah-olah orang yang berada di jalur yang benar adalah pihak yang salah. Selain itu, mereka juga tidak bisa disalahkan dan seringkali lebih galak apabila mereka salah. Belum lagi masalah jika kamu naik mobil dan mereka tertabrak, walaupun jelas mereka yang salah. Jangan harap kamu bisa menuntut apapun dari mereka. Ingat, kamu kan naik mobil, kamu orang kaya.
Metro Mini/Kopaja/Koantas Bima
Jujur, sebenernya poin ini adalah alesan kenapa kita sampe bikin artikel ini. Setelah dipikir-pikir, kayaknya poin ini bisa jadi artikel tersendiri. Baiklah, untuk lengkapnya kenapa Metro Mini dan sejenisnya sungguh brengsek akan kita buatin artikel sendiri. Sedikit bocoran, kenapa mereka brengsek? Kenapa mereka berbeda dari angkot sejenis mikrolet? Minimal, angkot sejenis mikrolet masih menghargai penumpangnya sebagai manusia. Metro Mini dan kawan-kawan? Jujur kami bingung kenapa mode transportasi yang satu ini tidak dianggap sebagai pelanggaran hak asasi manusia. Ah sudahlah, tunggu saja artikel berikutnya dari MBDC.

Rabu, 18 Januari 2012

Karakter Dalam Sinetron Indonesia

Tokoh Sinetron
Topik pembicaraan tentang sinetron Indonesia memang tak ada habisnya. Mulai dari kualitas produksi, jalan cerita dengan konflik kisah cinta segitiga, rebutan warisan, anak haram hingga penyakit lupa ingatan, sampai kepada stereotipe karakter-karakter yang ada di dalamnya.
Untuk membedakan karakter dalam (semua) sinetron, sering kali kita menemukan sebuah rumus yang itu-itu saja tanpa ada perkembangan atau variasi lainnya. Pernahkah kamu perhatikan bagaimana karakter Ibu tiri di sinetron A bisa sungguh mirip dengan karakter Ibu tiri di sinetron B (dan juga sinetron C, D, E dan seterusnya) ? Pernahkah kamu mencoba cari tahu jawabannya? MBDC akan mempermudah hidupmu dengan menjawab pertanyaan tersebut.
Di bawah ini adalah beberapa rumus pengkarakteran yang nampaknya sudah menjadi standarisasi pada (semua) sinetron Indonesia.

1. Orang Kaya


















Kalau bapak-bapak biasanya pake jas berdasi, rambutnya disisir rapih/klimis terus naik mobilnya kalau nggak Jaguar atau Mercedes Benz E class paling banter yang New Eyes. Kalau ibu-ibu biasanya pake baju dan tas branded dan aksesoris berlebih yang menunjukkan dia berlimpah harta. Terus untuk memberi kesan “matang” atau “tua”, rambut samping diatas kuping dan kumis disemir putih. Ala Koes Hendratmo. Mau yang main Cut Tari apa Wulan Guritno kek, kalo di sanggul terus dikasih semir putih = ibu2 yang anaknya udah sma.
Ibu-Ibu
Ibu-ibu ini mungkin sedang mengandung seorang anak SMA

2. Orang Miskin

Orang miskin
Ih miskin banget!
Kalau ibu-ibu biasanya bajunya daster terus kerjaannya kalau nggak tukang gado-gado, tukang jahit atau sejenisnya. Rambutnya disanggul atau dibiarkan terurai. Kalau bapak-bapak biasanya pake sarung sama kaos oblong, minumnya teh manis.

3. Anak sekolah gaul

Anak SMA gaul
Ya ampun...gaul banget.
Baju SMU yang kecil dengan rok agak ketat dan pendek. Kaos kaki berwarna warni dengan aksesoris rambut yang berwarna warni juga. Lengannya digulung sedikit terus kalau anak orang kaya biasanya ke sekolah naik mobil BMW.

4. Anak sekolah kutu buku











Anak SMA Kutu Buku
Biar suka difoto belum tentu dia tidak kutu buku
Baju kedodoran, rambut klimis belah pinggir berminyak terus pake kacamata tebel yang framenya juga tebel. Kadang ditambahin dengan gigi tonggos untuk memperkental kesan pathetic. Kalau cewek rambutnya dikuncir dua ala Wendy’s.
5. Dokter
Dokter
Kita gak nemu gambar dokter beneran, tapi serius gak beda jauh kok sama ini.
Biasanya bapak-bapak bersahaja yang berkumis dengan rambut rapih. Kacamata optional (agak susah karena sering refleksi lampu shooting). Baju jas dokter dengan stetoskop yang melingkar di lehernya.

6. Suster

Suster
Yah kira-kira kayak gitu deh gambaran susternya
Mbak-mbak muda yang mukanya agak lumayan bersih, baju suster standard terus biasanya lalu lalang doang di rumah sakit sambil bawa map merah dengan bolpen. Atau kadang bolak balik doang sambil dorong kursi roda orang sakit.

7. Orang sakit

Orang Sakit
Yang namanya sakit itu udah pasti sakit parah kalo di sinetron
Biasanya bibirnya dibedakin juga biar keliatan pucet kaya orang sakit. Terus tangan atau kaki atau jidatnya dikasih perban dan kadang-kadang lalu-lalang duduk di kursi roda didorong sama suster.

8. Polisi

Polisi Preman
Ini standart polisi preman
Ya standar baju polisi lah yang kaya biasa kita lihat sehari-hari tapi aktingnya paling kaku.

9. Preman












Preman
Pak sipakpak preman preman!
Berbadan gede dengan baju buntung yang memperlihatkan otot tangannya. Terus biasanya ada tato juga yang dibikin pake spidol. Dilengkapi dengan aksesoris kalung dan gelang-gelang rantai. Bajunya dan celana jinsnya biasa sobek sobek untuk menambah kesan rebel. Kadang mukanya juga di make up codet.

10. Pembantu

Pembantu
Kalo pembantunya kayak gini sih pasti banyak cowo yang nonton sinetron
Biasanya potongan bibik-bibik atau mbok-mbok gitu yang ngomongnya agak medok terus kalau pembantu orang kayak biasanya pake baju model baby sitter. Properti yang dipegang kalau nggak sapu, lap ato sambil masak di dapur.

11. Figuran












Figuran
Mereka ada di sekitar kita!
Ini yang selalu muncul di mana-mana tapi gak pernah keliatan jelas. Biasanya orangnya itu-itu aja hanya dibedain dari jenis baju dan warna bajunya. Malah kadang gak nyambung sama sekali. Figuran anak kampus tapi make bajunya kayak mau pergi clubbing atau ke mall. Figuran di café kadang make bajunya kayak mau main ke rumah tetangga. Dan sebagainya.

Tentang Tugu Yogyakarta




https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEinLKkx1n7R060v6haFFy6gHV1njDkyYsbAvtvrMkel62FaVLejLh4ZU-m_3gi_rfyKxSwnW1xVYpcIMEUt_GXqXwfpRuWkxPP5gQH8HAso_3uYhHA8BKuLIO5bAptTByHQLFUEpW4ZJ87I/s320/tugu+jogja.jpg
Yogyakarta — Bila datang ke Yogyakarta, dan kebetulan Anda bingung menentukan arah mau ke mana, ada satu patokan yang pasti dikenal oleh seluruh Wong Yogya. Itulah Tugu. Sebuah bangunan monumen sejarah yang terletak di perempatan bertemunya Jalan P Mangkubumi di sisi selatan, Jalan AM Sangaji di sisi utara, Jalan Jenderal Sudirman di sebelah timur, dan Jalan P Diponegoro di sebelah barat. Tugu setinggi 15 meter itu diresmikan pada 3 Oktober 1889 atau 7 Sapar 1819 Tahun Jawa.
Dari Tugu itu pula, maka pendatang dari luar Yogya seolah bisa ”menggenggam” seluruh kawasan kota ini. Tinggal mau ke mana? Semua bisa ditempuh dalam hitungan menit. Yogya kota kecil, Tugu bisa menjadi poros segala arah. Jika kemudian bingung di dalam kota Yogya, silakan kembali ke Tugu. Dijamin Anda tidak bingung lagi!
http://sdgambiranom.files.wordpress.com/2008/12/tugu-yogya.jpg

Asal tahu saja, Tugu itu ternyata juga menjadi salah satu poros imajiner pihak Kraton Yogyakarta. Jika ditarik garis lurus dari selatan ke utara, atau sebaliknya; maka akan ditemukan garis lurus ini: Laut Selatan (konon dikuasai oleh Kanjeng Ratu Kidul, istri Sultan Raja-raja Mataram), Krapyak, Kraton Yogyakarta, Tugu, dan Gunung Merapi.
Bahkan, Sultan sebagai penguasa Kraton Yogyakarta, jika duduk di singgasana di Siti Hinggil Kraton, ia bisa memandang Gunung Merapi di sisi utara. Ikatan magis antara Laut Kidul, Kraton, dan Gunung Merapi hingga saat ini dipercaya oleh Wong Yogya. Oleh sebab itu budaya larungan selalu dilaksanakan pada bulan Sura di Laut Selatan maupun Gunung Merapi oleh pihak Kraton.
Filosofi Berubah
Seiring dengan perjalanan sejarah, Tugu yang sudah berumur 100 tahun lebih itu rupanya akan diubah bentuknya. Perubahan bentuk itu – jika jadi dilakukan -- jelas bisa dibilang melanggar undang-undang cagar budaya. Namun apa mau dikata jika yang mau mengubah adalah pihak Kraton Yogyakarta? Tentunya ada alasan kuat yang mendasarinya. Konon, dari catatan sejarah disebutkan, sosok Tugu yang ada sekarang itu sebenarnya telah mengalami perubahan bentuk dari sosok aslinya. Tugu itu semula didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono I, pendiri Kerajaan Yogyakarta setelah Mataram Islam yang berpusat di Kartasura terpecah menjadi dua. Sebagian menjadi Kasultanan Yogyakarta, sebagian lagi menjadi Kasunanan Surakarta pada Perjanjian Giyanti tahun 1755. Tugu itu dulu disebut Tugu Golong-Gilig.
Bentuk Tugu Golong-Gilig itu, konon, puncaknya berupa golong (bulatan mirip bola) dan bawahnya berbentuk bulat panjang/silindris atau gilig. Tugu Golong-Gilig tersebut melambangkan tekad yang golong gilig (menyatunya pimpinan/raja dengan rakyatnya). Makna lebih jauh adalah bersatunya raja dan rakyatnya dalam perjuangan melawan musuh maupun menyatu dalam membentuk pemerintahan dalam satu negara. Di sisi lain juga bisa dimaknakan sebagai hubungan antara manusia dengan Sang Khalik.
Jika melihat makna Tugu Golong-Gilig adalah bersatunya antara raja dan rakyat, maka hal itu bisa dimengerti karena pendiri Kerajaan Yogyakarta – kala itu – dikenal sebagai pemberontak yang ingin memisahkan diri dari Kerajaan Mataram Islam yang justru dikuasai penjajah Belanda. Pangeran Mangkubumi (kemudian bergelar Sultan Hamengku Buwono I) memilih memberontak dan memisahkan diri daripada kerajaan di bawah pengaruh kekuasaan Belanda.
Pernah Runtuh
Tugu Golong-Gilig semula dibangun setinggi 25 meter. Kemudian karena gempa tektonik pada 10 Juni 1867 atau 4 Sapar Tahun EHE 1284 H atau 1796 Tahun Jawa sekitar pukul 05.00 pagi, tugu itu rusak terpotong sekitar sepertiga bagian. Musibah itu bisa terbaca dalam candra sengkala – sebuah catatan kata yang bermakna angka tahun -- Obah Trusing Pitung Bumi (1796).
http://www.tembi.org/dulu/tugu_yogyakarta_tahun_1928/image002.jpg

Tugu itu kemudian diperbaiki oleh Opzichter van Waterstaat/Kepala Dinas Pekerjaan Umum JWS van Brussel di bawah pengawasan Pepatih Dalem Kanjeng Raden Adipati Danurejo V. Lalu tugu baru itu diresmikan HB VII pada 3 Oktober 1889 atau 7 Sapar 1819 Tahun Jawa. Oleh pemerintah Belanda, tugu itu disebut De Witte Paal (Tugu Putih).
Menurut kerabat Kraton Yogyakarta yang juga Kepala Bapedalda (Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah) Daerah Istimewa Yogyakarta, Raden Mas Haji Tirun Marwito SH; saat ini Kraton Yogyakarta memang sedang mengkaji kemungkinan mengembalikan Tugu Yogya ke bentuk asalnya. ”Bentuk Tugu yang sekarang ini sudah direkayasa oleh pihak penjajah Belanda saat itu. Akibatnya makna filosofinya sudah berubah,” tuturnya.
Saat dibangun kembali oleh pemerintah Belanda itu, di sana ada candra sengkala Wiwaraharja Manunggal Manggalaning Praja atau tahun Jawa 1819 yang berarti pintu menuju kesejahteraan bagi para pemimpin negara. Hal itu jelas bertentangan dengan simbol Golong-Gilig. Oleh sebab itulah maka pihak Kraton Yogyakarta berniat mengubah bentuk tugu yang sekarang.
”Bila nanti rencana itu dilaksanakan, ada beberapa kemungkinan yang akan ditempuh. Misalnya, Tugu Yogya yang ada sekarang ini dipindah dan diletakkan di pinggir jalan sebagai monumen bahwa Tugu Yogya pernah berbentuk seperti itu. Lalu di lokasi tempat tugu itu berada dibangun kembali Tugu Golong-Gilig seperti yang pernah dibangun oleh Sultan Hamengku Buwono I,” kata Tirun.

Arti di Balik Kalimat Cewe- Terserah!




Jadi gini, dalam pertemanan maupun percintaan dengan seorang wanita, kata-kata terserah sering kali diucapkan dalam berbagai situasi. Kita sudah sepakat sebelumnya kalau cewe itu lebih rumit dari aljabar kan ya? Nah pengaplikasian kata "terserah" ini juga bisa berbeda-beda arti, tergantung dari situasi dan kondisi kata tersebut terlontar. Misalnya gini:


Situasi 1

Sedang kencan, pulang jemput kuliah/kerja, belum makan, perut keroncongan.
Cewek  : Aduh aku laper banget.
Cowok : Mau makan dulu?
Cewek : Boleh
Cowok : Mau makan apa?
Cewek : Terserah.
Cowok : *masuk ke warteg*
Cewek : *merengut, judes, uring-uringan, makanannya ga diabisin, diem sepanjang jalan pulang*
Kalian pasti berpikir dong, kenapa nih kok jadi ngambek? Ketika ditanya kenapa, jawabnya gapapa (ini ntar kita bahas di artikel berikutnya ya, kata gapapa ini). Tapi manyunnya kayak ngegepin kamu selingkuh. Kenapa sih?
Ternyata Ini Artinya : Tawarin dulu dong beberapa jenis makanan, jangan langsung main belok ke warteg. Terus kok warteg sih ih. Gak romantis banget. Aku kan pengen steak. Candle light dinner kalo bisa. Ih kok ga ditawarin sih. Ih. Paling gak tawarin kek. Ih.


Situasi 2

Lagi sayang-sayangan ditelpon. Terus hape kamu yang satu lagi bunyi. Anak-anak ngajakin main futsal Jumat sore terus lanjut tanding PES 2012 atau FIFA 12 di rumah si Jono sampe pagi. Mumpung lagi telponan sama si pacar, sekalian bilang deh.
Cowok : Aku besok sore main sama anak-anak ya.
Cewek : Main apa *nada curiga*
Cowok : Futsal terus lanjut main ps di rumah Jono. Nginep.
Cewek : Terserah *nada dingin*
Cowok : Ok
Cewek : Eh udahan dulu ya aku disuruh mama nimba. *klik tutup telpon*
Hah? Apaan nih kok tutup telpon gak pake siapa-sayang-kamu-aku-sayang-kamu-cium-dulu-dong-kamu-aja-yang-tutup-telpon-ga-mau-kamu-aja-ah? Abis itu status fb dan twitternya galau-galau, semacam 'cowok sama aja semuanya' atau 'I can do better without you!' woh woh kenapa nih?
Ternyata Ini Artinya: Kok bikin rencana sendiri sih? Gak nanya dulu aku besok mau kemana? Siapa tau aku mau ajak nonton. Siapa tau aku mau nyalon? Belanja? Terus yang jemput siapa? Ih. Jumat malam basi dong? Ih. Terus main sama si Jono lagi. Kan dia tau aku gak suka si Jono. Bau ketek. Ntar si bebeb ketularan bau ketek si Jono lagi kalo pake nginep segala. Ih.


Situasi 3

Si cewek akan berulang tahun minggu depan. Kamu bingung mau kasih kado apa. Tanya aja lah ya biar ga ribet nebak-nebak dia lagi mau apa.
Cowok : Kamu mau kado apa?
Cewek : Terserah *sambil tersipu-sipu*
Cowok : hmmmm
Pas dia ulang tahun kamu kasih jaket. Abis kan dia suka pake tengtop dan hotpants, biar gak masuk angin. Biar kalo dia pake jaket itu jadi menghangatkan dirinya. Kayak kamu yang lagi meluk dia. Oh sungguh romantis. Eh tapi kok dia ga antusias pas buka kado kamu. Cuma bilang makasih. Gak langsung dipake jaketnya. Malah main henpon.  Manyun.
Ternyata Ini Artinya: Heh? Jaket? Indonesia panas kali. Terus ini kok modelnya kayak jumper cowo gini sih? Lagian sejak kapan sih aku suka pake jaket? Surprisenya mana? Cokelatnya mana? Bunga? Candle light dinner? Tiket ke Bali PP + Akomodasi?


Situasi 4

Memutuskan mau kencan kemana dan ngapain.
Cowok : Kita mau jalan-jalan kemana besok?
Cewek : Terserah
Cowok : Nonton?
Cewek : Terserah
Cowok : Makan sushi? Kan kamu ngidam tuh katanya kemarin
Cewek : Terserah
Cowok : Di rumah kamu aja nonton dvd?
Cewek : Terserah
Dengan inisiatif tinggi kamu memilih pilihan terakhir. Terserah kan berarti yang mana aja sama kan? Ya kan? Besoknya kamu datang kaosan celana pendekan bawa tumpukan dvd bajakan. Dia manyun. Lah? Gimana? Katanya terserah, kok pundung?
Ternyata Ini Artinya: Nonton dan sushi lah. Udah tau aku pengen sushi. Ah gimana sih? Ih. Masak pacaran di rumah. Katanya jalan-jalan. Kemana kek gitu, pantai.
Heu. Jangan tanya apa yang harus kalian lakukan kalau mendapat kata terserah dari cewe. Karena artikel ini cuma pengen ngasih tau artinya. Bukan solusinya. Karena sesungguhnya dibalik kerumitan memahami cewe, disitu justru letak serunya. Semoga berhasil!!

4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Kalo Abis Ngomongin Seseorang ke Orang yang Salah



Setidaknya sekali dalam hidup kamu, kamu pasti pernah ngomongin seseorang ke orang yang salah. Misalnya gini: Kamu abis ngeliat cewek jelek banget, terus kamu cerita ke temen kamu:
Kamu: Men, tadi gue liat cewek jelek abis! Pake baju warna-warni kayak badut –
Temen Kamu: Itu cewek gue bro.
Awkwaaaaaaaard!!!! Nah lho, harus gimana tuh kayak gitu. Gak enak banget kan? Nah, sebenernya ada hal-hal yang bisa kamu lakukan dalam situasi seperti ini lho. Hari ini, MBDC akan memberitahukan kamu 4 hal yang bisa kamu lakukan kalo abis ngomongin seseorang ke orang yang salah!

1. Langsung Merubah Sudut Pandang

Kamu: Oh itu pacar lo? Gayanya unik banget ya? Keren abis lho.
Melakukan hal ini membutuhkan kemampuan ngeles dan berpikir dengan cepat. Kamu harus bisa dengan segera menemukan lawan kata dari hal jelek yang sudah telanjur kamu katakan tadi. Kemungkinan besar situasi bakal tetap awkward dan orang tersebut bisa jadi udah telanjur BT sama kamu, tapi paling gak kan kamu udah berusaha memuji dan merubah sudut pandang kamu! Dia harus ngerti dong!

2. Langsung Tertawa Terbahak-Bahak

Kamu: Bwahahahahahahahahaha!! Anjrit, sorry men!
Ini adalah hal yang paling lazim dilakukan oleh orang, karena dengan begini seolah-olah apa yang kamu katakan tadi cuma becanda (padahal sih serius). Ini adalah hal yang lebih efektif untuk dilakukan ketimbang kamu langsung gak enak terus minta maaf dengan memelas. Kalau kamu ketawa terbahak-bahak lalu dilanjutkan minta maaf, ada kemungkinan teman kamu tersebut ikut tertawa dan menganggap hal tersebut lucu.

3. Belagak Pilon

Kamu: Yang mana cewek lo?
Temen kamu: Ya itu yang pake baju warna-warni kayak badut.
Kamu: Yang mana sih pake baju warna-warni kayak badut?
Temen kamu: Ya yang barusan lo omongin.
Kamu: Gue ngomong apaan sih? Eh gue duluan ya, gue mau — ini nih. Itu. Ok? Deee!!
Belagak pilon ini adalah sebuah teknik yang membuat seolah-olah kamu tidak mengerti apa yang diomongin sama temen kamu tersebut, padahal sebenernya kamu yang memulai pembicaraan tersebut. Untuk melakukan hal ini, kamu butuh muka yang sungguh datar alias poker face. Belagak pilon bisa membuat kamu terhindar dari situasi yang sungguh awkward.

4. Lanjut Ngatain

Kamu: Oh itu cewek lo? Bilangin dong suruh pake baju yang bener. Aneh banget.
Ini menunjukkan bahwa kamu adalah seseorang yang sangat idealis dan komentar kamu tidak bisa dipengaruhi oleh apapun. Yang dibutuhkan untuk melakukan hal ini adalah mental baja dan kesiapan hati untuk kehilangan banyak teman dan hidup sendirian sepanjang masa.
Nah, apakah kamu punya tips lain untuk ngeles dalam situasi semacam ini? Silakan dishare lho.

Nama-Nama Rumah Makan Paling Pasaran Di Indonesia



Rumah makan adalah bisnis yang tidak akan mati. Orang akan selalu butuh makanan dan dengan demikian akan selalu ada orang yang berpikir untuk menjual makanan. Mungkin karena saking banyaknya orang yang menjual makanan, lama-lama orang jadi bingung mau ngasih nama rumah makannya apa dan langsung berpikir, “ah tailah, namanya apa aja deh”. Hal ini menyebabkan munculnya beberapa  nama yang jadi standart banget di dunia perumah-makanan. Berikut adalah nama-nama rumah makan paling standart.

5. Yang Pake Angka Hoki (88 / 99)

Digunakan Oleh: Restoran seafood, chinese food.
Makna dari nama itu: Angka 88 ataupun 99 adalah angka hoki. Dengan demikian, si pemilik restoran berharap restorannya akan membawa hoki sehingga laku keras dan Ia menjadi kaya raya.

4. Yang Pake Atribut Tubuh (Pak Kumis / Si Gondrong)

Digunakan Oleh: Warung bakso, tukang nasi goreng.
Makna dari nama itu: Supaya kamu gampang mengenali penjualnya. Tapi mengingat berkumis maupun gondrong itu sebenernya gak spesial-spesial amat, sebenernya hal ini cukup membuat rancu yah. Harusnya kalo bikin kayak gini tuh pake atribut tubuh yang sangat spesifik gitu lho, seperti misalnya Nasi Goreng si Kaki Nanah atau Warung Bakso si Udel Bodong.

3. Sudi Mampir

Digunakan oleh: Warung Sop Kaki Kambing, Warteg / warung nasi.
Makna dari nama itu: Supaya kamu mau mampir dan mencoba hidangan mereka. Tapi kalo kamu gak sudi gimana ya? Ya udah. Yeee.

2. Berkah

Digunakan oleh: Warteg / warung nasi, warung ayam goreng, nasi goreng.
Makna dari Nama Itu: Agar memberi berkah bagi mereka dan kamu semua yang makan. Eh, sebenernya lebih berkah ke yang punya restoran/warung sih. Kamu mah itungannya tetep buang duit untuk makan. Siapa suruh makan.

1. Sederhana

Digunakan oleh: Restoran Padang, nasi uduk, warteg, apapun yang merasa restorannya ‘sederhana’.
Makna dari Nama Itu: Ceritanya rendah hati gitu. Kan kalo kamu berkunjung ke rumah temen trus ditawarin makan suka gitu kan, “Ayo makan…tapi seadanya aja ya.” Nah, kurang lebih pengen merendah kayak gitu deh. Eh, tapi ini bisa juga sebagai sarana ngeles sih. Jadi kalo kamu protes karena makanannya gak enak, mereka bisa bilang, “Yah, namanya juga hidangan sederhana mas…”